Pesona Wisata Ikan Larangan Padang Pariaman Sumatera Barat


Pesona Wisata Ikan Larangan Padang Pariaman Sumatera Barat - Padang Pariaman d Sumatera Barat memilki desa wisata yang menawarkan keindahan alamnya.

Lokasi desa wisata ini terletak di Nagari Salibutan, Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung Padang Pariaman, Sumatera Barat

Desa wisata ini memiliki daya tarik berupa air terjun Nyarai yang berada di kawasan Ekowisata Nyarai. Air terjun ini terbilang unik karena memiliki kolam alami yang disebut lubuk.

Selain air terjun Nyarai, terdapat juga Lubuak Larangan. Lubuak Larangan merupakan salah satu konservasi ikan dari masyarakat Miinangkabau secara turun temurun
Pesona wisata ikan larangan
Disebut ikan larangan, konon siapa yang memakan ikan tersebut akan terkena musibah. Tapi kenyataannya, ikan ini bisa dimakan dengan syarat saat hari-hari tertentu seperti hari acara adat atau hari besar keagamaan.

Beberapa orang tetua di daerah tersebut mengatakan bahwa sebenarnya hal tersebut hanya mitos. Alasannya agar ekosistem yang ada dalam sungai tersebut dapat terjaga kelestariannya.

Sebagai bukti, dengan adanya larangan tersebut sungai tempat ikan larangan itu jernih tanpa ada sampah yang menggangu kelestarian sungai dan ikan-ikannya berjumlah banyak dan besar-besar.

Menurut jurnal Mohd Yunus, (2020) menyatakan bahwa jenis ikan yang terdapat di lubuk larangan adalah jenis asli ikan sungai yaitu ikan Kapiek, ikan Salimang, ikan Garing, ikan Sibahan, ikan Barau, ikan Belida, dan ikan Paweh.
Pesona Wisata Ikan Larangan Padang Pariaman Sumatera Barat
Objek wisata ikan larangan banyak dimanfaatkan oleh pelancong melakukan terapi ikan atau sekadar memberi makan ikan. Pengunjung tidak dipungut biaya sehingga dapat memikat wisatawan untuk berkunjung.

Bagamana, menarik bukan? Apa Anda berminat untuk mengunjungi desa wisata ini?

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami melalui:

Cp/Wa :

082161553333
081930434446
081930434447
pravdarentcarandbus.com
Instagram
Facebook