Danau Toba 2022

Pemerintah menargetkan agar perhelatan olahraga internasional dapat digelar di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan melalui akun Instagram miliknya tentang harapan untuk menggelar perhelatan internasional di Danau Toba. Itu bertepatan dengan kunjungannya bersama Presiden Joko Widodo ke Danau Toba. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno turut hadir dalam kesempatan tersebut. 

DANAU TOBA




"Sebagai orang asli Batak, tentunya saya bahagia melihat Tanah Toba yang merupakan tanah kelahiran saya, saat ini menjadi lebih indah dan maju sehingga menjadi salah satu kawasan Destinasi Wisata Super Prioritas." "Namun, saya akan merasa jauh lebih bahagia jika seluruh stakeholders memperhatikan aspek kelestarian dan kontribusi terhadap pengurangan dampak perubahan iklim," katanya lewat unggahan di akun resmi Instagram Luhut, Kamis (03/02/2022).

Baca juga: 7 Hotel di Pinggir Danau Toba yang Ada Kolam Renang Dikutip dari Kompas.com, Kamis, Luhut mengatakan sudah membujuk Jokowi agar agar tanah kelahirannya diberikan izin untuk menyelenggarakan perhelatan internasional, mencontoh pelaksanaan MotoGP di Mandalika. "Karenanya, saya sampaikan keinginan saya agar Danau Toba yang memiliki potensi sebagai tempat penyelenggaraan event internasional tematik, ke depan bisa menyelenggarakan event olahraga berskala internasional, seperti F1 H2O dan Tour de Danau Toba," ujarnya.