TEMPAT WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI PARAPAT

Berwisata memang menjadi salah satu kegiatan yang banyak diminati atau disukai oleh hampir semua orang. Dengan berwisata maka kita bisa mengenal budaya dan potensi yang dimiliki oleh daerah yang kita kunjungi sekaligus sebagai salah satu cara untuk merefresh otak Setelah sekian lama dipadatkan dengan kesibukan seperti pekerjaan dan berbagai aktivitas serta rutinitas lainnya. terlebih lagi di Indonesia ini terdapat banyak sekali daerah yang memiliki potensi wisata yang mengagumkan dan sayang jika dilewatkan. Dimana salah satunya terdapat di Parapat.
Mungkin masih ada sebagian dari Anda yang belum begitu familiar dengan Parapat. Namun ketika membicarakan Danau Toba atau Pulau Samosir tentu sudah tidak asing lagi. Sebenarnya Parapat adalah kota kecil yang masih berada di area Danau Toba yang mana Parapat ini memang tengah dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata. Parapat memiliki potensi wisata mengagumkan baik wisata sejarah maupun alamnya. Beberapa tempat wisata di Parapat yang wajib anda kunjungi diantaranya sebagai berikut :

1. Desa Tuk Tuk

Hasil gambar untuk desa tuk tuk
Tempat wisata di Parapat pertama yang wajib anda kunjungi yaitu Desa Tuk Tuk yang terletak di Simanindo, Samosir, Sumatera Utara. Desa wisata yang satu ini menyimpan banyak sekali keunikan yang sayang untuk dilewatkan. Disini anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti bersepeda mengelilingi desa, kuliner makanan khas setempat, toko souvenir, menikmati kebudayaan dan tradisi masyarakat setempat. Disana juga terdapat banyak sekali lokasi unik dan instagenic. Sehingga moment anda selama berada di Desa Tuk Tuk ini bisa diabadikan ke dalam sebuah foto yang mengagumkan.
Ketika berada di Desa Tuk Tuk ini anda akan disuguhi pemandangan Danau Toba dan juga pantai. Disini anda bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti naik jet ski, kano, berenang maupun memancing. Anda bisa menemukan penginapan dengan berbagai tipe mulai dari homestay sampai dengan hotel kelas atas.

2. Desa Wisata Tomok

Hasil gambar untuk wisata tomok
Tempat wisata di Parapat yang kedua yaitu Desa Wisata Tomok. Desa ini sering disebut sebagai gerbangnya Samosir karena disini anda akan diperkenalkan dengan budaya lokal. Dengan berkunjung ke Desa Tomok ini anda akan mengenal budaya dan sejarah Suku Batak Toba. Selain itu, di desa ini anda juga akan menemukan beberapa obyek wisata yang sayang dilewatkan seperti :
• Museum Batak
Di museum ini anda bisa mengenal peninggalan Suku Batak seperti pakaian adat, senjata dan lain sebagainya. Disini anda juga boleh berfoto mengenakan pakaian adatnya dan tidak dikenakan biaya apapun.
• Patung Sigale – gale
Ketika berkunjung ke tempat ini, anda akan disambut dengan tari tor – tor. Yang menarik adalah terdapat boneka Sigale – gale yang konon katanya bisa menari sendiri.
• Pemakaman Raja Kuno Batak
Di pemakaman ini terdapat kompleks makam keturunan raja Sidabutar.

3. Danau Toba

Keindahan Danau Toba memang tidak bisa diragukan lagi. Tak heran jika kepopuleran danau ini sudah sampai ke mancanegara. Jika anda ingin menyusuri dan menikmati keindahan Danau Toba dengan cara yang menyenangkan, anda bisa naik Kapal Pesiar Danau Toba. Kapal pesiar yang satu ini memiliki desain yang unik karena didesain menyerupai rumah adat Batak.
Kapal pesiar ini dibuat dari kayu namun ornamen keseluruhan merupakan desain yang menggambarkan suku batak. Kapal ini mampu menampung sekitar 20 orang dan terdiri atas dua dek yaitu atas dan bawah. Kapal pesiar ini juga telah dilengkapi dengan pemadam api, sekoci dan pelampung. Dengan kapal ini anda bisa menikmati keindahan Danau Toba dari jarak dekat.

4. Pantai Batu Hoda

Pantai itu terletak di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Kurang lebih Anda harus menempuh jarak 1 km dari Pelabuhan Simanindo. Sementara bila Anda berangkat dari kota Medan, butuh waktu sekitar 6 jam perjalan menuju lokasi. Selain pemandangan alam yang ciamik, destinasi Pantai Batu Hoda Samosir ini pun tak lepas dari pengaruh tren wisata kekinian. Pantai di pinggiran Danau Toba ini dilengkapi dengan berbagai spot foto artsy. Salah satunya, rumah berbentuk rumah burung hantu atau pun rumah kayu yang ada di pinggir pantai, seperti di Pantai Brighton di Melbourne, Australia. ang tak kalah menarik, Pantai Batu Hoda Danau Toba memiliki ikon kuda hitam yang menarik perhatian. Konon, terselip legenda di balik pemasangan patung kuda hitam itu.

5. Batu Gantung

Hasil gambar untuk gambar batu gantung
Tempat wisata di Parapat yang terakhir yaitu Batu Gantung dimana tempat ini merupakan asal mula nama Kota Parapat diambil. Dahulu kala ada cerita atau mitos yang berkembang dimana Parapat diambil dari kata merapatlah.
Tempat ini juga cukup populer di kalangan wisatawan. Lokasinya yang berada di tebing dan masih berada di kawasan Danau Toba membuat anda harus menggunakan kapal untuk mengunjunginya. Dengan begitu, anda bisa sekaligus menikmati keindahan panorama Danau Toba. Jika anda mengunjungi kota Parapat, maka rasanya belum lengkap jika belum datang ke Batu Gantung ini.

6. Kebun Sapo Juma Tongging

Hasil gambar untuk sapo juma tongging
Bagi anda pengguna instagram pasti pernah mendengar tentang Kebun Bunga Sapo Juma Tongging ini. Kebun bunga ini sempat viral berkat keindahan tamannya. Disini anda bisa puas berfoto dengan background pemandangan bunga yang indah. Anda juga bisa memilih spot mana saja yang diinginkan tanpa merusak bunga – bunga yang ada karena memang sudah disediakan jalan setapak. Taman ini juga cocok untuk lokasi prewedding outdoor anda.
Untuk bisa menikmati lokasi ini, anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 20. 000 saja untuk setiap orangnya. Kebun bunga ini terletak di Tongging, Merek, Karo, Sumatera Utara.

7. Bukit Indah Simarjarunjung

Hasil gambar untuk bukit indah simarjarunjung
Tempat wisata di Parapat yang ketujuh adalah Bukit Indah Simarjarunjung. Bukit ini berlokasi di Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Simalungun, Sumatera Utara dan merupakan lokasi yang paling pas untuk menikmati keindahan Danau Toba dari atas.
Di bukit ini ada banyak spot foto instagramable ada rumah pohon, taman yang dilengkapi dengan spot – spot foto serta pemandangan perkebunan teh, kopi dan sawah. Jika anda hobby berfoto atau berselfie ria maka anda wajib datang ke tempat ini.