7 TIPS LIBURAN YANG MENYENANGKAN

Liburan, Travelling, dan Kegiatan Menyenangkan
Liburan adalah suatu momen yang sangat ditunggu setiap orang. Sejak menjadi pelajar dan mahasiswa, banyak rencana di luar rutinitas sehari-hari yang dicatat agar bisa mewarnai waktu sebagai usaha merelaksasi tubuh dan pikiran.
Setiap orang memiliki kegemaran masing-masing dalam menghabiskan waktu liburan. Ada yang lebih suka menghabiskan waktu di rumah atau di luar rumah.
Salah satu kegiatan yang menarik dilakukan ketika liburan adalah travelling.Bepergian tidak harus dilakukan ke tempat yang jauh. Pasti di sekitar rumah ada tempat wisata yang dapat dijangkau.
Hal ini sudah termasuk dalam usaha merelaksasi pikiran dan badan. Karena ketika travelling seseorang akan lebih banyak berjalan kaki dan melihat pemandangan atau mencoba permainan baru sehingga pikirannya tidak stres.

1. Mencari Lokasi Liburan Yang Tepat

Sebelum pergi untuk berlibur bersama teman atau keluarga, sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu lokasi liburan yang tepat.
Nah, gimana caranya biar ngak salah memilih lokasi liburan?
Cara terbaik untuk memilih lokasi liburan adalah dengan melihat survei yang telah dilakukan di internet, membaca buku-buku wisata, melihat siaran tv atau radio, dan membaca majalah pariwisata.
Yang perlu diperhatikan ketika mencari lokasi liburan adalah faktor keselamatan. Misalnya, Anda suka ke tempat wisata alam, anda harus mencari informasi tentang keadaan lingkungan di lokasi tersebut. Ini perlu dilakukan untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan.

2. Mempersiapkan Transportasi Menuju Lokasi Liburan

Setelah anda memnentukan lokasi liburan yang tepat, sekarang anda harus mempersiapkan transportasi untuk menuju ke sana. Berikut ini beberapa transportasi yang bisa digunakan:
 Mobil Pribadi
Jika Anda memilih mobil pribadi sebagai alat transportasi untuk menuju lokasi liburan, periksalah terlebih dahulu kondisi mobil Anda. Pastikan mobil anda dalam kondisi sehat dan prima. Ada baiknya jika mobil di service terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.
Keuntungan jika menggunakan mobil pribadi, Anda bisa membawa bekal untuk menghemat biaya perjalanan selama liburan. Dan anda bisa menikmati suasana keindahan alam selama perjalanan.

Pesawat

Jika anda memilih pesawat sebagai alat transportasi menuju lokasi liburan, Anda harus memilih maskapai yang bagus. Anda bisa melihatnya dari track record penerbangan, review dari orang yang telah naik pesawatnya, atau melihat berita di tv dan mendengarkan radio.Pesanlah tiket jauh hari, untuk mendapatkan harga yang murah dan menghindari tiket habis.

3. Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Liburan

Menentukan waktu untuk liburan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, jangan sampai waktu yang dipilih bentrok dengan pekerjaan yang sedang kamu ambil atau ada kegiatan yang harus diikuti.
Jika anda memilih waktu liburan ketika hari libur sekolah atau musim liburan, otomatis anda akan mengeluarkan biaya yang mahal selama liburan. Biasanya, harga akan naik sampai 2x lipat jika musim liburan tiba.
Tapi tidak ada salahnya juga jika anda mengambil waktu ketika musim liburan, Anda akan melihat keramaian dan bisa juga mendapatkan teman/relasi baru disana.
Jika anda memilih waktu liburan ketika bukan musim liburan, anda bisa lebih leluasa untuk menikmati keindahan tempat wisata tersebut. Anda bisa mendapatkan suasana yang lebih tenang karena sepinya wisatawan yang datang.
Bagi traveller, mereka lebih memilih waktu bukan musim liburan untuk pergi berlibur, karena mereka akan mengambil foto-foto unik, keren dan menakjubkan dari destinasi wisata yang dikunjungi untuk di upload ke sosial media.

4. Mempersiapkan Kebutuhan Liburan

Jika anda sudah menetapkan waktu liburan, ada baiknya anda mempersiapkan perlengkapan untuk kebutuhan dalam perjalanan dan di lokasi liburan nantinya. Jangan sampai Anda kecewa karena ada sesuatu yang penting tertinggal dan membuat liburan Anda menjadi tidak menyenangkan.
Buatlah sebuah catatan di kertas untuk barang-barang yang akan Anda bawa. Terus simpanlah catatan tersebut di tempat yang mudah di ingat. Ini akan mengurangi resiko jika ada barang-barang penting yang akan tertinggal.
Bagi Anda wisatawan muslim, jangan lupa untuk membawa perlengkapan sholat. Dengan membawa perlengkapan sholat sendiri, ibadahpun akan terasa tenang dan tidak terburu-buru.

5. Persiapkan Kondisi Tubuh

Jika waktu berangkat liburan hampir dekat atau tinggal beberapa hari lagi, jagalah kondisi fisik tubuh Anda. Jangan sampai Anda sakit di saat Anda sedang di tempat liburan. Anda bisa berolah raga, istirahat yang cukup, dan menjaga pola makan.
Satu hari sebelum berangkat, tidurlah lebih awal, supaya besoknya ketika berangkat bisa dalam keadaan segar dan tidak mengantuk.

6. Membawa Uang Tunai

Uang tunai sangat dibutuhkan sekali ketika Anda berada di lokasi wisata. Bawalah uang tunai secukupnya, agar tidak digunakan untuk berfoya-foya dan memberatkan isi dompet.
Bagilah uang tunai yang dibawa dengan pecahan besar dan pecahan kecil. Karena di lokasi liburan biasanya tidak ada tempat penukaran uang besar dan sulit juga mencari ATM untuk beberapa lokasi wisata di Indonesia. Dan uang kecil dibutuhkan sekali ketika anda ingin ke Toilet.
 7. Berbelanja di Lokasi Liburan
Berbelanja, sesuatu yang pasti akan Anda lakukan di lokasi liburan. Belilah oleh-oleh secukupnya dan tidak berlebih-lebihan untuk menghemat biaya liburan anda. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.
Untuk tempat berbelanja, ada baiknya Anda mencari di internet telebih dahulu. Setelah itu Anda bisa bertanya kepada masyarakat setempat untuk oleh-oleh yang murah dan bagus.
Barang-barang yang Anda beli dilokasi wisata akan menjadi kenang-kenangan untuk mengingat momen-momen indah liburan di sana. Dan ini akan menjadi bukti untuk cerita Anda kepada teman-teman, sahabat dan keluarga. 

Itulah 7 tips liburan yang bisa membantu anda supaya liburannya lebih aman, hemat, seru dan menyenangkan yang bisa Anda coba. Semoga informasi yang diberikan pada artikel ini bermanfaat.

CP/WA : 082161553333



📬 medanwisatarental@gmail.com
📞 Cp/WA : +6282161553333
📱 WA : +6282161553333
📲 Line :+6282161553333
🏢 Office : (061)7870673
📱IG : pravda_holidays

          medanwisatarentall