Inilah Tips Merawat Bus Pariwisata dengan Benar

Inilah Tips Merawat Bus Pariwisata dengan Benar - Bus Pariwisata dikenal dengan kenyamanan dan kebersihannya. Inilah yang menjadi pilihan para konsumen memililh rental bus pariwisata dibandingkan bus umum untuk liburan bersama rombongan. Nah, sudah tentu para pemilik bus harus selalu memperhatikan keadaan busnya agar tetap nyaman dipakai saat di Sewa. berikut tips yang bisa dicoba dalam merawat bus Pariwisata.
Inilah Tips Merawat Bus Pariwisata dengan Benar
  1. Mesin (engine) Sudah pasti menjadi hal yang paling utama. Salah satu bagian terpenting dalam sebuah kendaraan jadi wajib dirawat dengan ekstra agar kendaraan khususnya bus agar dapat di operasikan untuk membawa penumpang yang ingin mudik. biasanya pengecekan kondisi engine meliputi : suara mesin, v-belt, kebocoran oli dll
  2. Pelumasan (oil treatment) Sebuah mesin dan bagian teransmisi serta pada suspensi biasanya memerlukan pelumasan yang baik. karena sering terjadi gesekan antar komponen oleh karen itu pelumasan sangat di perlukan untuk mengurangi ke ausan tersebut. Pengecekan meliputi : oli mesin, oli transmisi, oli gardan, dll.  Dan pelumasan ini harus di lakukan secara berkelanjutan dan berkala. (maintenance periodical)
  3. Pemeriksaan di bagian unit Transmisi dan Gardan. Dibagian ini dilakukan pemeriksaan mengenai propeller shaft, gardan, dll, agar bus dapat beroperasi maksimal.
  4. Pemeriksaan di bagian unit Understeel Perawatan ini sangat penting karena berhubungan dengan keselamatan, dibagian ini banyak sekali komponen-komponen yang perlu dilakukan pemeriksaan, meliputi : ketebalan kampas rem, sistem rem, suspensi, spooring, dll.Kita tahu sebuah engine yang melaju dengan cepat hanya mengandalkan Rem untuk dapat dikendalikan, jadi jika sistem pengereman tidak terawat sangat berbahaya.
  5. Pemeriksaan Sistem Pendingin(cooling system) Bus merupakan kendaraan yang digunakan untuk perjalan jarak jauh misalnya untuk mudik dari pulau sumatera menuju pulau jawa, dan biasanya bus hanya beristirahat di tempat-tempat peristirahatan atau rest area. Meski bus berhenti tetapi saat ini mesin bus masih tetap di nyalakan karena untuk menggerakan kompresor AC. Nah karena mesin bekerja maka akan menyebabkan Panas karena gesekan dan pembakaran dalam ruang bakar. Oleh karena itu sistem pendinginan sangat diperlukan sekali agar tidak terjadi overheat. jadi biasanya di lakukan pengecekan bagian ini mengenai kondisi air pendingin, radiator, dll.
  6. Perawatan Filter Udara Untuk menjaga agar kondisi mesin selalu fit maka perlu di lakukan pembersihan filter udara dari debu dan kotoran yang dapat menghambat kinerja mesin.
  7. Pemeriksaan Kelistrikan (Electrical) Saat perjalan jauh terutama Bus Antar Kota dan bus Antar Propinsi biasanya disebut Bus Malam yang melakukan perjalanan di malam hari sangat membutuhkan penerangan yang cukup, oleh karena itu perlu di lakukan pengecekan sistem kelistrikan dan memastikan lampu-lampu (Head lamp, Sein, Stop Lamp, dll) dapat berfungsi dengan baik.
  8. Pemeriksaan Air Conditioner (AC) Bus PATAS AC, VIP dan bus Eksekutif yang menggunakan AC sebagai pengatur suhu ruangan dalam bus juga wajib di periksa kondisinya. Pastikan kompresor AC dapat bekerja dengan baik dan tidak ada kebocoran pada saluran pipa-pipa AC terlebih sampai bocor yang turun melalui Louvre AC sehingga penumpang akan merasa terganggu dalam perjalanan. Pengecekan AC juga meliputi suhu yang di hasilkan dari mesin AC apakah masih dapat bekerja dengan baik. Karena terkadang kita menemui AC Bus di siang hari tidak terasa dingin atau sebaliknya di malam hari AC bus terlalu dingin.
  9. Pemeriksaan kondisi BAN Yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan kondisi Ban (Tire), jika karet ban sudah halus (Gundul) maka sangat berbahaya jika di jalan yang licin. Oleh karena itu pastikan Ban tidak gundul agar saat dilakukan pengereman, bus tidak tergelincir.
  10. Cek Kebersihan Bus. Setiap selesai digunakan, maupun sebelum digunakan ada baikknya bus dicek kebersihannya pada bagian luar dan dalam. Sehingga para penumpang merasa enak dan nyaman menggunakan Bus Pariwisata.
Nah, itulah beberapa Tips yang bisa diterapkan untuk Merawat Bus Pariwisata. Kalau sudah dirawat dengan benar, maka umur Bus Pariwisata akan panjang dan jarang sekali rusak.

Buat yang ingin Rentar atau Sewa Bus Pariwisata di Pravda Holiday, bisa menghubungi kami dibawah ini :

Pravda Holiday
Alamat : Jl. Puri No. 139-A, Medan.
Hp : 085207740003 – 08116201193
www.medanwisatarental.com


referensiby : http://rentalbusbandung.com/

Share this

Pravda Holiday melayani Jasa Rental Transportasi, Sewa Bus Pariwisata, Transport Support, dan Jasa Tour serta Travelling yang melayani Trip ke berbagai Destinasi Wisata ke berbagai Daerah Wisata ternama di Medan Sumatera Utara.

Related Posts

Previous
Next Post »